Penyebab Kebocoran Pipa / Sambungan Pipa HDPE

Penyebab Kebocoran Pipa

Kondisi bocor pada pipa bisa saja terjadi karena kesalahan saat instalasi atau pemasangan. Karena hal tersebut air bisa merembes atau bahkan adanya zat lain yang masuk ke bagian dalam pipa dan mencemari air yang mengalir di dalam pipa. Kebocoran pipa lah yang menyebabkan aanya perubahan tekanan air. Perubahann Tekanan tersebut bisa menyebabkan adanya endapan atau sumbatan material lain.

Maka dari itu proses pemasangan atau instalasi pipa adalah hal yang penting selain pemilihan material yang dipakai. Karena dengan prosedur yang salah sedikit saja, maka bisa berakibat fatal.

Kebocoran Ppa HDPE //www.sambunganpipa.com

Selain Kesalahan pada saat instalasi, kebocoran Pipa HDPE bisa disebabkan karena menggunakan spesifikasi yang sesuai. Misalkan, pipa yang digunakan adalah SDR 26 PN 6,3 sedangkan Tekanan air yang hendak dialirkan adalah 16 Bar. Maka pipa yang digunakan tidak akan sesuai sehingga bisa menimbulkan kebocoran atau kerusakan pada pipa.

Selain itu penyimpanan serta pengurukan pipa (untuk pipa bawah tanah) tidak hati-hati atau terjadi kesalahan, hal tersebut juga mempengaruhi ketahanan Pipa.

Apa solusinya?
Untuk kebocoran pada sambungan, bisa diperbaiki dengan mengganti Fitting pipa tersebut. Namun jika kebocoran terletak pada pipa, maka solusi satu – satunya adalah mengganti Pipa tersebut dengan Pipa yang baru.

Bagaimana upaya Pencegahan yang bisa dilakukan?
Upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah :

  • Mengecek pipa yang akan digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi
  • Memastikan bahwa instalator sudah berpengalaman di bidangnya
  • Penyimpanan pipa dilakukan dengan benar dan tidak ceroboh

Jika hal tersebut di atas dilakukan bisa dipastikan pipa akan awet tanpa adanya kerusakan / kebocoran.

Semoga artikel ini bermanfaat,