Mengenal Fitting Dalam Aksesoris Pipa

Membangun jaringan saluran air ideal, membutuhkan dukungan aksesoris pipa yang tepat. Dalam jaringan pipa HDPE , pemilihan aksesoris sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain kebutuhan drawing jalur perpipaan hal yang juga perlu disesuaikan adalah jenis penyambungan apa yang akan digunakan. Karena perbedaan metode sambungan membutuhkan jenis fitting HDPE berbeda. Seperti yang diketahui, pipa HDPE memiliki 3 metode penyambungan, diantaranya Compression joint, butt fussion, dan metode penyambungan electro fussion. Ketiganya memiliki metode berbeda, dan membutuhkan alat yang berbeda pula.

Secara umum fungsi Fitting HDPE sama dengan aksesoris pada pipa jenis lain, diantaranya :

  • Membangun jalur belokan
  • Membangun jalur percabangan
  • Mendukung metode penyambungan
  • Menyambung antar pipa
  • Menyambung pipa HDPE dengan pipa jenis lain
  • Menyambung jalur pipa HDPE dengan aksesoris non-hdpe

Selain disesuaikan dengan model penyambungan pemilihan Fitting HDPE juga dilakukan berdasar jenis pipa, seperti pipa batang direkomendasikan jenis fitting electro fussion atau injection moulding. Sedangkan untuk jenis pipa HDPE roll lebih direkomendasikan aksesoris jenis compression joint.  Seperti pipanya, aksesoris HDPE didesain istimewa dengan tingkat kekuatan tinggi dan tingkat keretakan rendah. Sehingga medukung usia pemakaian pipa hingga 50 tahun.

Jenis Fitting berdasarkan bentuk

Kebutuhan saluran air berkelok dan bercabang membuat desain Fitting HDPE begitu bervariasi. Mulai dari bentuk hingga ukuran diameter yang beragam mengikuti ukuran pipa seperti jenis pipa lain, pipa HDPE juga didukung beragam aksesoris yang memiliki bentuk dan fungsi tak jauh berbeda. Berikut beberapa jenis Fitting HDPE berdasarkan bentuknya :

Elbow adalah Fitting HDPE berbentuk mirip huruf “L” atau berbentuk siku (Elbow). Aksesoris ini memiliki kombinasi sudut bervariasi. Paling sering digunakan adalah 90 dan 45 derajat.

   

Tee adalah Fitting HDPE percabangan, berbentuk seperti huruf “T”. Fitting HDPE ini juga sangat umum, da nada disetiap jenis metode penyambungan pipa HDPE. Selain didesainn untuk 3 percabangan dengan diameter sama, Tee juga tersedia dalam ukuran berbeda, dengan bagian tengah berdiameter lebih kecil. Jenis ini biasa dikenal dengan nama Reducer Tee.

   

Reducer adalah jenis aksesoris yang digunakan untuk menyatukan dua pipa dengan diameter berbeda. Aksesoris ini juga ada dijenis produk pipa lain. Seperti pipa PVC yang juga biasa dikenal dengan nama increaser dan sebagainya.

Stub End adalah aksesoris pipa HDPE yang digunakan untuk mendukung sistem penyambungan flane to flange joint. Model sambungan ini memungkinkan saluran pipa semi permanen, dan bisa dibongkar pasang.

Clamp Saddle adalah jenis Fitting HDPE yang dapat difungsikan sebagai percabangan tanpa harus memotong bagian utama pipa. Dilengkapi dengan bagian dratting, yang bisa disambung denganvalve atau pipa lain.

Male thread / Female thread adalah Fitting HDPE yang didesain mendukung sambungan dengan system ulir. Male atau Drat luar dan Female untuk istilah Drat dalam, tersedia dalam beberapa bentuk.

, , , , , , , , , , , , , ,